Wednesday, December 28, 2011

Optimasi Pencarian Google Dengan Operator Dasar

Umumnya para pengguna menggunakan satu atau beberapa kata kunci untuk mencari informasi yang diinginkan di Google. Cara tersebut kurang efektif karena hasil pencarian akan mencapai ratusan ribu bahkan jutaan link yang akan membingungkan Anda. Di artikel ini akan dibahas cara pencarian yang lebih efisien yaitu menggunakan operator dasar untuk mengurangi jumlah hasil pencarian secara efektif.

1. Operator OR
Operator OR digunakan untuk menampilkan semua hasil pencarian yang mengandung salah satu kata dari dua kata yang Anda masukkan dalam kotak pencarian.Bentuk penulisan Operator OR adalah sebagai berikut:
kata kunci pertama OR kata kunci kedua

Coba anda bandingkan dengan pencarian biasa caranya ketik "kata kunci pertama kata kunci kedua" lalu klik tombol search. Hasil pencarian yang akan tampil mengandung kata kunci pertama dan kata kunci kedua, ini dikarenakan Google secara default telah menetapkan operator AND apabila kata kunci yang dimasukan lebih dari satu.

2. Operator Minus ( - )
Operator Minus ( - ) digunakan untuk mengabaikan kata kunci tertentu agar tidak diikutsertakan dalam pencarian. Contoh penggunaan operator minus adalah sebagai berikut:
microsoft -windows

Hasilnya Google akan menampilkan semua informasi yang mengandung kata kunci Microsoft kecuali Windows.

3. Tanda Bintang ( * )
Tanda Bintang ( * ) digunakan untuk melengkapi kata kunci pencarian, biasanya ini digunakan apabila Anda kurang yakin dengan kata kunci secara lengkap. Contoh penggunaan tanda bintang adalah sebagai berikut:
Adobe * CS5

Hasilnya Google akan menampilkan informasi yang mengandung kata kunci yang pas di antara Adobe dan CS5

4. Tanda Tilde ( ~ )
Tanda tilde ( ~ ) berguna untuk mencari informasi berisi kata kunci yang Anda masukkan pada kotak pencarian atau mencari sinonimnya. Contoh penggunaan tanda tilde adalah sebagai berikut:

~tutorial
Hasilnya Google akan mencarikan informasi berisi kata kunci tutorial atau sinonimnya (persamaan) seperti guide, reference, atau help.

5. Tanda Kutip ( " )
Penggunaan tanda kutip ( " ) yang mengapit kata kunci memangkas hasil pencarian guna mendapatkan hasil pencarian yang paling penting. Contoh penggunaan tanda kutip adalah sebagai berikut:

"learn english"
Hasilnya Google akan menampilkan semua informasi mengenai learn english yang paling penting atau yang paling sering dikunjungi pengguna.

Catatan:
Google mengabaikan kata-kata umum seperti the, and, is, of, dan to ketika Anda menggunakannya dalam pencarian tanpa tanda kutip. Kata-kata tersebut tidak mengubah atau mempermudah hasil pencarian, jadi anda boleh tidak menggunakannya dalam pencarian.

Baca juga: Optimasi Pencarian Google Dengan Operator Khusus

No comments:

Post a Comment